Skip to content

Estetika dengan Taman Modern Tropis

Desember 24, 2010

GAYA taman modern tropis ideal dengan iklim setempat. Penataan yang estetis membuat Anda dapat menikmati relaksasi menyenangkan saat berada di taman.

Pendekatan desain bergaya modern tropis banyak diminati masyarakat urban. Hal ini tak hanya berlaku pada arsitektur bangunan, juga berimbas pada penataan sebuah taman.

Gaya modern tropis merupakan pengembangan dari gaya tropis yang pernah ada pada tahun 2000-an. Taman tropis sendiri merupakan sebuah taman yang disesuaikan dengan iklim setempat. Karena itu, taman yang Anda miliki dapat beradaptasi dengan mudah, tumbuh subur, dan tentu semakin memudahkan dalam hal perawatannya.

Kendati gaya rumah yang berbeda-beda, konsep taman yang dimiliki beragam budaya itu mayoritas adalah taman bernuansa tropis. Basuki Triwidodo, seorang arsitek lanskap dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) menuturkan bahwa ciri khas taman tropis yang berada di Indonesia dapat diwakili dari penampilan taman Bali.

“Kajian taman tropis itu terlalu luas,yang pasti ciri taman ini dapat dilihat dari asal negaranya,” kata Basuki.

Sementara itu,Ketua Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) DKI Jakarta Ir Bagus Tatang Dewantoro menyebut taman modern tropis ialah taman yang rimbun.

“Taman tropis sendiri merupakan taman yang menggunakan banyak tanaman yang tidak terbatas sehingga lebih rimbun dan banyak bunga. Adapun taman modern ialah pemanfaatan lahan yang terbatas dengan vertical garden,” ucapnya.

Kehadiran taman modern tropis juga merupakan perwujudan dari rasa bosan terhadap gaya minimalis yang cenderung memiliki penampilan monoton. Kemudian berlari kembali ke gaya tropis yang sempat tren dahulu, tetapi dengan tatanan yang lebih modern.

“Dengan keterbatasan lahan yang saat ini menjadi masalah bagi sebagian besar masyarakat urban membuat mereka memanfaatkan apa pun menjadi sebuah taman, baik itu dengan hanging gardenatau roof garden,” kata pria yang akrab disapa Tatang itu.

Sama halnya dengan gaya tropis pada sebuah arsitektur bangunan,taman modern tropis juga menggunakan banyak tanaman. Mulai tumbuhan jahe-jahean, pisang-pisangan, beringin, balancing, talas, palem, kelapa sawit, kacang hias, adenium, hingga anthurium yang tengah digemari. Selain itu, semua jenis tanaman yang berdaun lebar dan lunak.

Dalam penataan jenis tanaman untuk taman modern tropis memiliki perbedaan dengan taman tropis. Pada taman tropis, tatanan tanamannya refleksi dari hutan tropis di Indonesia sehingga taman dibiarkan rimbun dan tumbuh dalam tatanan tanaman yang bebas ditanam di mana saja.

Adapun pada taman modern tropis, jenis tanaman disusun menurut kontur dan ketinggiannya sehingga kelihatan rapi dan tertata. Jenis tanaman yang dipilih pun harus mudah pemeliharaan dan perawatannya agar memberikan ketenangan bagi penghuni rumah.

“Taman modern tropis ini memiliki karakter yang liar, tetapi dalam penataannya rapi. Dalam penataan tanamannya dikombinasikan berdasarkan pada lokasi terhadap asupan sinar matahari,” tutur Basuki.

Agar taman yang ingin ditampilkan ini tampil maksimal, tatanan elemen keras (hardscape) menambah keharmonisan taman. Adapun elemen keras yang biasanya menghias sebuah taman tropis adalah jalan setapak, gazebo, bangku taman, berbagai lampu, dan aneka hiasan patung. Menurut Basuki, jalan setapak pada taman tropis biasanya menggunakan batu-batuan alam, seperti batu kali, batu tempol, maupun kerikil.

Begitu pula untuk gazebo. Basuki mengatakan, material yang digunakan untuk membuat gazebo juga harus terkesan alami. Itu bisa ditampilkan dengan menggunakan bahan- bahan seperti kayu, batang kelapa hingga bambu. Atap gazebo kalau memungkinkan menggunakan ijuk atau sirap. Bila genteng yang dipilih, sebaiknya genteng tersebut bernuansa tradisional. Hal yang sama juga berlaku untuk bangku taman.

Adapun mengenai pencahayaan taman, Bagus Tatang mengatakan, pencahayaan lampu berfungsi untuk memberi kesan indah dan dramatis pada taman tropis pada malam hari. Menurut dia, sebaiknya lampu dengan penyangga berwarna hitam atau putih yang bercahaya terang untuk taman depan. Sementara untuk taman belakang pilihan cahaya lampu sebaiknya lebih “hangat” (warm). “Ini membuat taman tropis jadi lebih estetis dan menyatu dengan alam,”kata Bagus.

Sementara elemen lunak lainnya yang perlu diperhatikan saat menghadirkan taman tropis adalah air. “Biasanya pula sebuah taman tropis dihiasi sebuah kolam dengan ciri yang sangat kental dengan nuansa alami. Misalnya saja dasar kolam dilapisi dengan batu-batu alam,” imbuhnya.

Kolam pun dapat diisi ikanikan dan dihiasi tanaman air yang khas tropis. Tanaman yang bisa menghias kolam pada taman tropis, seperti teratai, kala lili (water lily), pontederia, ilalang air atau antanan berdaun besar. Tak jadi masalah bila Anda ingin menghadirkan semacam air terjun atau air mancur di kolam tersebut. Nah, tertarik membuat taman modern tropis untuk hunian Anda?

From → New Theme

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: