Skip to content

Khasiat Berbagai Buah

November 8, 2010

BERBAGAI macam buah-buah jangan dilihat dari satu sudut pandang saja, misalnya karena manis dan lezatnya. Di samping kelezatan dan manisnya,buah-buahan tersebut banyak juga yang berkhasiat terutama untuk kese-hatan tubuh.

Dengan mengetahui khasiat berbagai jenis buah, apabila sering dikonsumsi dapat menyehatkan badan atau mencegah datangnya kuman penyakit. Mencegah datangnya penyakit tentu lebih baik daripada mengobatinya, bukan…!

Misalnya pepaya atau dengan nama lain Carica Papaya aslinya berasal dari Meksiko Selatan. Tanaman pepaya kini telah meluas, khususnya di negara tropis termasuk cukup subur di Indonesia.

Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Misalnya kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E.

Berbagai bagian dari pepaya tersebut dapat dijadikan obat seperti bijinya. Dengan mengu-nyah satu sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari dapat men-cegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya.

Biji pepaya ini dapat diper-gunakan sewaktu basah maupun kering dan dapat pula dicampur dengan madu atau buah kurma. Menghaluskan biji pepaya dapat diblender dan dicampur dengan sedikit air, baru diminum. Sebagai program anti parasit karena parasit tersebut tidak boleh dibiarkan berlama-lama mi-salnya dalam perut si anak.

Parasit yang tumbuh ber-kembang dalam perut si anak dapat berisiko tinggi terutama dalam pertumbuhan anak. Dalam menanggulangi parasit tersebut perlu diminumkan kepada si buah hati setiap hari selama seminggu, selanjutnya diulang dua minggu kemudian.

Bagian lain dari pohon pepaya dapat dijadikan untuk obat cacing. Gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong ke-mudian dididihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml.

Sebagai minuman penyegär, ambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. Kedua bagian tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.

Mencegah risiko batu ginjal, ambil tiga potong akar pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu dimi-num.

Getah pepaya jangan pula dianggap enteng pengguna-annya.Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treo-nin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein.

Daun sirih yang sudah bersatu padu menjadi bahan baku indus-tri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Getah pepaya yang terdapat pada daun dimanfaatkan untuk pengempukan daging dengan cara membungkus daging mentah dengan daun tersebut selama beberapa jam dalam suhu dingin kamar. Selain itu, daun pepaya dapat langsung digosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (la-teks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam pori-pori daging.

Untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit (sebagai obat luar). Oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi.

Saat ini getah yang terdapat dalam daun dan buah pepaya mentah diekstrak untuk diman-faatkan sebagai bahan campuran pengempuk daging secara ko-mersial. Tepung getah pepaya sebagai pengempuk daging ba-nyak dijual dalam bentuk kemasan di supermarket atau di toko bahan kimia.

Penggunaan getah tersebut bisa dengan penyuntikan secara langsung pada ternak setengah jam sebelum disembelih agar dagingnya lebih lunak. Enzim papain akan menghidrolisis kolagen dalam daging, sehingga bentuknya menjadi kendur dan daging akan lebih empuk. Enzim papain inilah yang merombak protein (kolagen) menjadi bebe-rapa bagian.

Demikian juga daun pepaya sebagai pengontrol tekanan darah, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan 1/2 liter air hingga tinggal tiga perempatnya. Di-nginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis sebelum diminum layaknya teh.

Untuk obat demam berdarah, campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, merica secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak untuk kemudian didi-nginkan sebelum siap diminum.

Obat nyeri perut saat haid , lalu ambil satu lembar daun pepaya, buah asam, dan garam secu-kupnya. Rebus hingga masak untuk kemudian dinginkan dan diminum dalam satu gelas.

Menambah nafsu makan. Terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Caranya adalah blender daun pepaya yang segar seukuran sebesar telapak tangan dengan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Ke-mudian saring airnya, air sari-ngan itulah yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan.

Memperlancar pencernaan. Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorga-nisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

Melancarkan air susu ibu (ASI), mengatasi sembelit, gangguan haid. maupun gangguan lambung, manfaatkan buah pe-paya sebagai bahan dasar sayuran. Sayuran buah pepaya ini biasanya dimasak seperti halnya membuat sayur lodeh. Sebagai selingan, dapat dicampur dengan daging atau tempe. Jangan lupa, sebelum memasak, cuci buahnya untuk membersihkan kotoran dan mengurangi getahnya.

Untuk meningkatkan asupan serat yang membantu menjaga organ pencernaan sekaligus memperlancar BAB. Dapat dimakan langsung atau dibuat jus dengan dicampur buah lain serta ditambah madu atau gula.

Buah Kurma

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Dr dr Wahjo-oetomo mengatakan, selama berpuasa perubahan kadar gula yang terjadi dalam tubuh ternyata sangat kecil. Karenanya, kan-dungan potasium dalam kurma sangat signifikan untuk mengatasi kelelahan.

Seratnya cocok untuk me-ngantisipasi sukar buang air besar. Sedangkan teksturnya yang halus itu cukup aman bagi lambung sensitif dan radang usus. Bukan itu saja. kombinasi zat besi dan hidrat arang sangat baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

Sementara di tempat lain diketahui, makanan khas Timur Tengah itu pun bisa menurunkan resiko serangan stroke berkat tingginya kalium.

Memang buah-buahan dikenal sebagai sumber utama vitamin, khususnya C. Kandungan energi atau kalorinya pun rendah, sebab lemak yang dikandungnya juga rendah. Namun tidak berlaku bagi kurma.

Kandungan lemak pada kur-ma juga bisa dikesampingkan. Namun, tingginya karbohidrat menyebabkan tersedianya ener-gi. Bahkan boleh dikatakan lebih tinggi dibandingkan sebagian jenis buah lainnya. Selain itu, kurma pun mem-punyai zat penting bagi me-tabolisme tubuh, terutama organ jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium.

Durian

Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebutan durian diduga berasal dari istilah Melayu yaitu dari kata duri yang diberi akhiran-an sehingga men-jadi durian. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian berasal dari hutan Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan yang berupa tanaman liar.

Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 M. Nama lain durian adalah duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado), dulian (To-raja), rulen (Seram Timur).

Tanaman durian termasuk famili Bombaceae sebangsa pohon kapuk-kapukan.Lazim disebut durian adalah tumbuhan dari marga (genus) Durio, Nesia, Lahia, Boschia dan Coelostegia. Ada puluhan durian yang diakui keunggulannya oleh Menteri Pertanian dan disebarluaskan kepada masyarakat untuk dikem-bangkan.

Macam varietas durian ter-sebut adalah: durian sukun (Jawa Tengah), petruk (Jawa Tengah), sitokong (Betawi), simas (Bogor), sunan (Jepara), otong (Thailand), kani (Thailand), sidodol (Kali-mantan Selatan), sijapang (Beta-wi) dan sihijau (Kalimantan Selatan).

A. Manfaat tanaman durian.

Manfaat durian selain sebagai makanan buah segar dan olahan lainnya, terdapat manfaat dari bagian lainnya, yaitu:

1. Tanamannya sebagai pen-cegah erosi di lahan-lahan yang miring.

2. Batangnya untuk bahan bangunan/perkakas rumah tang-ga. Kayu durian setaraf dengan kayu sengon sebab kayunya cenderung lurus.

3. Bijinya yang memiliki kandungan pati cukup tinggi, berpotensi sebagai alternatif pengganti makanan (dapat dibuat bubur yang dicampur daging buahnya).

4. Kulit dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan. cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur.

B. Khasiat Buah Durian

Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada per-gerakan usus besar.

Bagi yang mengalami darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi. Lazim pula dilakukan banyak orang minum air putih yang telah dituangkan ke dalam lubang biji kulit durian.

Durian terutama dipelihara orang untuk buahnya, yang umumnya dimakan (arilus atau salut bijinya) dalam keadaan segar. Salut biji ini umumnya manis dan sangat bergizi karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein, dan mineral.

Bijinya bisa dimakan sebagai camilan setelah direbus atau dibakar, atau dicampurkan dalam kolak durian. Biji durian yang mentah beracun dan tak dapat dimakan karena mengandung asam lemak siklopropena (cyclo-propene). Biji durian mengandung sekitar 27 persen amilosa.Kuncup daun (pucuk), mahkota bunga, dan buah yang muda dapat dimasak sebagai sayuran.

From → New Theme

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: